Tuesday, February 8, 2011

BAB I. WUDHU’ - Ringkasan Tata Cara Berwudhu

6. RINGKASAN TATA CARA BERWUDHU’

Dari hadits-hadits tentang wudhu’ dapat disimpulkan bahwa tahapan dan cara berwudhu’ adalah :
a.      Berniat untuk wudhu’.
b.      kemudian membaca Basmalah.
c.       Mencuci kedua telapak tangan sebanyak tiga kali, dan menyela-nyela di antara jari jemari kedua tangan.
d.      Berkumur-kumur dan memasukkan air dengan satu telapak tangan kemudian mengeluarkan air dari hidung itu dengan tangan kiri. Hal ini dilakukan dengan tiga kali cidukan air dengan telapak tangan.
e.      Membasuh muka sebanyak tiga kali dari satu telinga yang satu ke telinga yang lain dengan skala melebar, dari rambut kepala paling depan sampai ke jenggot paling bawah dan dagu dengan skala memanjang.
f.        Membasuh tangan kanan sebanyak tiga kali dari ujung jari sampai siku, menggogosok-gosokkan lengan, membasuh bagian siku, serta menyela-nyela jari-jari, kemudian membasuh tangan kiri seperti yang dilakukan terhadap tangan kanan.
g.      Mengusap kepala sekali, yaitu dengan membasahi kedua tangannya dengan air lalu mengusapkannya dari bagian kepala terdepan sampai tengkuk, kemudian membalikkan kembali ke tempat semula. Selanjutnya memasukkan kedua jari telunjuk ke dalam telinga dan mengusapkan kedua ibu jari ke bagian luar telinga.
h.      Membasuh kaki kanan tiga kali dari  ujung kaki sampai ke mata kaki, membasuh mata kaki, dan menyela-nyela jari-jari. Dilanjutkan dengan mencuci kaki kiri seperti yang dilakukan terhadap kaki kanan.
i.         Terakhir adalah membaca doa.

No comments:

Post a Comment